Rabu, 08 Mei 2013


SEJARAH AMERIKA
“TUGAS UJIAN TENGAH SEMESTER”
Dr. Suswandari, M.Pd

 






OLEH :
TITIS INDARI
1001085034

PROGRAM STUDI PENDIDIKAN SEJARAH
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PROF. DR. HAMKA
JAKARTA
2013
1. a. Amerika Latin (bahasa Portugis dan bahasa Spanyol: América Latina; bahasa  Perancis: Amérique Latine) adalah sebutan untuk wilayah benua Amerika yang sebagian besar penduduknya merupakan penutur asli bahasa-bahasa Roman (terutama bahasa Spanyol dan bahasa Portugis) yang berasal dari bahasa Latin. Istilah Amerika Latin dipakai untuk membedakan wilayah ini dengan wilayah Anglo-Amerika yang kadang-kadang dipakai untuk menyebut wilayah benua Amerika dengan mayoritas penduduk adalah penutur asli bahasa Inggris.
Istilah Amérique latine bermula dari istilah geopolitik yang diciptakan Kaisar Napoleon III dari Perancis, yang menyebut istilah Amérique latine and Indochine sebagai tujuan ekpansi Perancis semasa masa pemerintahannya. Walaupun awalnya dipakai untuk membantu ambisi Napoleon mengklaim wilayah di Amerika sebagai milik Perancis, istilah Amérique latine akhirnya digunakan untuk menyebut kawasan di benua Amerika yang penduduknya dari abad ke-15 dan ke-19 adalah pemukim yang berbicara bahasa-bahasa Roman asal Spanyol,Perancis, dan Portugal. Selain bermula sebagai istilah politik Napoleon, istilah "Amerika Latin" juga dipakai Michel Chevalier di tahun 1836 dalam tulisan berjudul Lettres sur l'Amèrique du Nord.
Di Amerika Serikat, istilah "Amerika Latin" ("Latin America")baru digunakan sejak tahun 1890-an, dan belum menjadi istilah umum untuk menyebut kawasan di sebelah selatan Amerika Serikat hingga di awal abad ke-20. Sebelumnya, orang Amerika Serikat menyebutnya sebagai "Amerika Spanyol" ("Spanish America")Di kemudian hari, istilah "Amerika Latin" menjadi istilah setara "Eropa Latin", dan dipakai sebagai identitas bersama negara-negara di kawasan Amerika Latin.
b. Amerika Tengah, Selatan Karibia, Selatn
Amerika Tengah adalah kawasan di Amerika Utara bagian selatan, mencakupi wilayah di sebelah selatan Teluk Meksiko hingga perbatasan antara Panama dan Kolombia. Berdasarkan definisi lazim, kawasan ini meliputi negara-negara di antara Meksiko dan Kolombia: Menurut pengertian geografis, Amerika Tengah juga dapat digolongkan sebagai sebuah tanah genting besar, meliputi beberapa negara bagian Meksiko yang terletak di sebelah timur Tanah Genting Tehuantepec. Amerika Tengah menempati wilayah seluas 540.000 km² yang diapit oleh Samudra Pasifik dan Laut Karibia di sisi barat dan timur. Aktivitas geologi seperti letusan gunung dan gempa bumi di kawasan ini relatif tinggi. Pada 1931 dan 1972, kejadian-kejadian gempa bumi memorak-porandakan Managua, ibu kota Nikaragua. Tanah subur bekas aliran lava mendorong aktivitas pertanian di daerah pegunungan. Kawasan ini terletak di Lempeng Karibia. Amerika Tengah merupakan kawasan tersempit di Benua Amerika, terutama di Terusan Panama dan Terusan Nikaragua, sebuah terusan yang rencananya akan dibangun.
 
Gambar : Peta Amerika Tengah
Karibia atau Hindia Barat adalah sekelompok pulau yang terdapat di Laut Karibia. Pulau-pulau ini terbentang menuju selatan dari bawah Florida ke barat laut Venezuela di Amerika Selatan. Paling tidak terdiri dari 7000 pulau, pulau kecil, karang, dan caye. Kepulauan ini dikelompokkan menjadi dua puluh lima wilayah termasuk negara merdeka, departemen luar neger, dan daerah administratif lainnya.
Nama "India Barat" berasal dari ide Christopher Columbus yang mengira dia telah mendarat di India ketika dia sebenarnya mencapai Amerika. Karibia terdiri dari Antilles Besar dan Antilles Kecil dan bagian dari Amerika Utara. Pada suatu saat ada negara berumur-pendek disebut Federasi Hindia Barat yang terdiri dari pulau-pulau di Karibia yang penduduknya berbahasa Inggris.
Gambar : Peta Selat Karibia
Amerika Selatan  adalah sebuah benua yang berada di antara Samudra Pasifik dan Samudra Atlantik yang tersambung dengan Amerika Utara melalui Tanah Genting Panama. Benua ini dilintasi oleh garis khatulistiwa, dan sebagian besar dataran benua tersebut berada di belahan bumi selatan.
Bagian barat benua Amerika Selatan terdiri dari barisan pegunungan Andes dari utara hingga ke selatan, sedangkan bagian timur benua merupakan dataran rendah sebagian besar merupakan basin sungai Amazon, dengan hutan tropis yang lebat. Diduga Amerika Selatan didiami pertama kali oleh manusia yang bermigrasi dari Asia melalui Tanah Genting Bering (sekarang merupakan Selat Bering) menuju Amerika Utara dan ke selatan menuju Amerika Selatan. Dugaan lain tentang hal migrasi tersebut ke Amerika Selatan adalah dari bagian selatan Samudera Pasifik melalui kepulauan di Oceania. Luas area Amerika Selatan berada pada peringkat keempat setelah Asia, Afrika dan Amerika Utara sedangkan populasinya terdapat pada peringkat kelima setelah Asia, Afrika, Eropa dan Amerika Utara.
Gambar : Peta Amerika Selatan
2. Mestizo (bahasa Portugis, Mestiço; bahasa Prancis, Métis: dari bahasa Latin Belakangan mixticius, dari bahasa Latin mixtus, bentuk lampau sempurna dari miscere, "mencampur") adalah istilah yang berasal dari bahasa Spanyol yang digunakan untuk menggambarkan orang-orang yang berdarah campuran Eropa dan non-Eropa. Golongan  meztizo  yang  merupakan  keturunan  campuran  antara  orang  Indian  dengan  kulit  putih  juga  merasakan  kegelisahan  yang  sama  selama  pemerintahan  kolonial  menguasai  mereka Di tempat-tempat dan negara-negara lain yang pernah dijajah Spanyol, Portugis, atau Prancis, berbagai istilah serupa juga digunakan untuk orang-orang yang berdarah campuran Eropa dan penduduk pribumi Asia, Afrika, dan Oseania non-Eropa. Di Filipina, istilah Mestiso, atau Mistiso, adalah istilah generik untuk orang-orang yang berdarah campuran asing dan pribumi Filipino.
Kata Negro digunakan di dunia berbahasa Inggris untuk merujuk pada orang keturunan hitam atau penampilan, apakah keturunan Afrika atau tidak, sebelum pergeseran dalam leksikon klasifikasi Amerika dan di seluruh dunia ras dan etnis di akhir 1960-an. Kata "negro" berarti "hitam" dalam bahasa Spanyol dan Portugis, dari bahasa Latin niger ("hitam "). Bandingkan dengan negara bernama Niger dan Nigeria
Istilah "Kreole Prancis" datang untuk diterapkan pada Kreole keturunan Eropa atau putih. "Kreole warna", digunakan di era kolonial tetapi dipopulerkan di abad ke-19, datang untuk merujuk pada ras campuran orang-orang keturunan Afrika dan Eropa (terutama Perancis dan Spanyol), yang asli di daerah tersebut sebelum Pembelian Louisiana. Beberapa Kreole warna mungkin juga memiliki Native American warisan. Kemudian imigran ke New Orleans, seperti Irlandia, Jerman dan Italia, juga menikah dengan kelompok Creole. Kreole paling modern memiliki ikatan keluarga ke Louisiana, khususnya New Orleans, mereka kebanyakan Katolik dalam agama, melalui abad kesembilan belas, sebagian besar berbicara Perancis dan sangat terhubung ke budaya kolonial Perancis, dan mereka memiliki dampak besar pada budaya negara.
Zambo (Spanyol: [θambo] atau [sambo] ) atau cafuzo (Portugis: [kɐfuzu] ) adalah istilah rasial yang digunakan dalam Spanyol dan Portugis Empires dan kadang-kadang hari ini untuk mengidentifikasi individu di Amerika yang campuran Afrika dan Amerindian keturunan (yang analog English panjang, dianggap sebagai hinaan , adalah sambo ). Secara historis, salib rasial antara budak Afrika dan Amerindian disebut sebagai 'zambaggoa', kemudian 'Zambo', kemudian 'sambo'. Di Amerika Serikat, kata "sambo" diperkirakan merujuk pada lintas rasial antara budak kulit hitam dan orang kulit putih.
Arti dari istilah "sambo" Namun yang dilombakan di Amerika Utara, di mana etimologi lain telah diusulkan. Kata kemungkinan besar berasal dari salah satu bahasa Romantis , atau Latin dan keturunan langsung. Kata feminin Zamba (tidak harus bingung dengan dengan Argentina tarian rakyat Zamba , meskipun ada beberapa hubungan dalam konsep).
Di bawah Casta sistem kolonial Spanyol Amerika, istilah awalnya diterapkan untuk anak-anak dari satu Afrika dan satu orang tua Amerindian, atau anak-anak dari dua orang tua Zambo. Selama periode ini segudang istilah lain dilambangkan individu keturunan Afrika / Amerindian dalam rasio yang lebih kecil atau lebih besar dari 50:50 zambos: cambujo (Zambo / Amerindian campuran) misalnya. Hari ini, Zambo merujuk kepada semua orang dengan jumlah signifikan keturunan Afrika dan Amerindian baik, meskipun sering dianggap merendahkan
3. - Suku Maya mendiami daerah Meksiko Selatan dan bagian-bagian Amerika Tengah lainnya. Pusat kebudayaannya terdapat di Semenanjung Yukatan. Kota paling awal berdirinya diperkirakan pada abad ke-3 di hutan Kota-kota ini merupakan peninggalan orang-orang Maya yang memiliki tingkat kebudayaan yang tinggi dengan catatan arsitektur paling beraneka ragam dan paling maju. Kebudayaan suku Maya ini berkembang dari abad ke-1 S M sampai mulainya penggalan Masehi. Kebudayaan Maya berkembang dengan subur terutama di Guatemala dan Yukatan. Walau demikian, kebudayaan itu dipengaruhi kuatnya kebudayaan Teotihuakan dari Meksiko bagian tengah. Sebagai salah satu kota terbesar di dunia, kota Teotihuakan pada masa puncaknya dihuni oleh sekitar 100.000 penduduk yang tinggal di dalam Adobe atau rumah-rumah dari bata mentah dan memuja dewa di piramid besar dari batu yang sampai kini masih banyak ditemukan di dekat kota Meksiko.     Arsitekturnya berkembang dengan adanya peningkatan mutu bangunan. Salah satu cirinya adalah dikembangkannya bangunan batu yang sebagian besar merupakan bangunan suci seperti kuil atau biara. Kuil di Tikal yang tingginya mencapai sekitar 888 meter adalah kuil tertinggi. Biara dalam kebudayaan Maya kadang-kadang mencakup area yang sangat luas sehingga menyerupai kota, lebih cocok disebut tempat pusat upacara keagamaan dilangsungkan. Namun antara tahun 800 sampai 950, pusat kegamaan tersebut satu-persatu dilupakan dan ditinggalkan orang. Bangsa Maya mengalami keruntuhan karena penaklukan pasukan Hernando Cortez pada tahun 1521.
-  Inca merupakan sebuah kelompok klan yang mula-mula mendiami daerah Peru. Menurut legenda, asal-usul suku bangsa Inca berawal dari sekelompok anak dewa matahari, yang berasal dari sebuah gua di sebelah tenggara kota Cuzco. Bangsa Inca telah mendiami daerah Cuzco sejak kira-kira tahun 1200. tetapi sejak penaklukan oleh kekuasaan Panchacuti dalam tahun 1438, bangsa Inca mulai memperluas wilayahnya dengan menaklukan daerah-daerah sekitarnya. Akhirnya mereka membentuk suatu wilayah kekuasaan besar dan luas yang membentang dari Quito di Utara sampai Chile bagian tengah. Bahasa Inca menyebut wilayah kekuasaannya Tabuantisuyu, artinya daerah yang meliputi empat wilayah. Nama itu menunjukan bahwa seluruh wilayah kekuasaan bangsa Inca terbagi menjadi menjadi empat geografis, yang dibagi menjadi lebih dari 80 propinsi. Penguasa tertinggi berada di tangan seorang pemimpin yang dianggap sebagai wakil dewa matahari.
- Suku Aztec atau Astek adalah penduduk asli di Amerika khususnya bagian selatan, Jika dilihat dari bahasa Nahuatl yang merupakan bahasa asli kaum Aztec, "Aztec" memiliki arti seseorang yang berasal dari Aztlan. Dilain sisi, Kaum Aztec juga menyebut diri mereka sebagai Mehika, Meshika atau Mexica, yang konon adalah asal nama Meksiko. Bangsa Aztek adalah bangsa yang menyembah para dewa dan dewa peling mereka agungkan adalah dewa Matahari atau dikenal dengan nama Huitzilochti. Bangsa Aztec memiliki seni bangun atau arsitektur yang amat tinggi di sini terdapat bangunan-bangunan seperti aquadec atau bangunan lain, tempat jalan raya menuju kota, jalan-jalan lebar, serta kanal yang melewati kota serta jembatan diatasnya. Bangunan-bangunan tersebut menggunakan teknologi tinggi menurut jamannya. Bangsa Aztec memiliki seni bangun atau arsitektur yang amat tinggi di sini terdapat bangunan-bangunan seperti aquadec atau bangunan lain, tempat jalan raya menuju kota, jalan-jalan lebar, serta kanal yang melewati kota serta jembatan diatasnya. Bangunan-bangunan tersebut menggunakan teknologi tinggi menurut jamannya.
4.  Pada dasarnya penjajahan bangsa Portugis  di Amerika Latin mempunyai pola yang sama pada bangsa-bangsa lain yaitu menemukan daerah-daerah baru kemudian dikuasai dan dijadikan koloni. Yang mana perkembangan dunia pelayaran dan kebutuhan akan daerah baru baik untuk keperluan ekonomi maupun politik mendorong bangsa Eropa untuk mencari daerah kekuasaan. Dan  Amerika Latin, merupakan daerah yang kaya akan sumber daya alam terutama bahan tambang yang sangat menggiurkan bangsa Eropa, dengan demikian banyak bangsa Eropa yang awalnya hanya melakukan penjelajahan akan tetapi selanjutnya menjadikan Amerika Latin sebagai pusat jajahan.
Penjelajahan Bangsa Portugis yang dilakukan oleh Pedro Alvares Cabral yang awalnya berlayar ke India, tetapi karena berlawanan dengan arus laut ia kemudian terdampar dan menemukan pantai Brasil dalam tahun 1500. Yang mana mencapaian di India disitulah didirikan pangkalan dagang. Dan adapun faktor atas kolonialisasi terhadap Brasil yaitu yang mana Brasil memiliki bahan tambang berupa emas dan kayu celup yang sangat laku di pasaran Eropa.   
5.   Aktivitas  gerakan  nasionalisme  di  Benua  Amerika  Latin  melahirkan  negara – negara  merdeka  dalam  kawanan  yang  berbeda – beda.  Sampai  saat  ini  terdapat  tidak  kurang  dari  20  negara  yang  berbeda  sistem  politik  dan  kebijakan  ekonominya  di  Ameika  Latin.  Adapun  negara  tersebut  antara  lain:Kemerdekaan di amerika Latin lebih bersifat sebagai perjuangan untuk melepaskan diri dari cengkeraman pihak kolonial yakni Bangsa Spanyol dan juga Portugis belum sampai pada tahapan transformasi dalam struktur sosialnya. Sehingga, meskipun ada penghilangan kekuasaan absolut dari raja namun hirarki dasar maupun tata sosial yang elitis masih tetap bertahan di wilayah ini. Ada beberapa faktor utama yang melandasi gerakan kemerdekaan di Amerika latin, antara lain sebagai berikut :
Ø  Adanya ketidak puasaan
Ø  Terinspirai oleh gerakan kemerdekaan Amerika utara
Ø  pengaruh dari pemikiran pencerahan pembebasan
Ø  adanya semangat liberty, equality, dan brotherhood yang pernah dilakukan di Peracis
Ø  Ketidak cakapan raja spanyol maupun Portugis untuk mengelola masalah di tanah jajahan, yang membawa pikiran bahwasanya orang Amerika laitin dapat mengurusinya dengan lebih baik
Ø  Meningkatnya kelas pedagang di koloni yang menciptakan monopoli harga
Ø  Faktor kritis gerakan kemrdekaan adalah ketidak puasaan para creole karena ada monopoli kekuasaan politik kolonial di tangan peninsulares
Gerakan pemberontakan yang bertujuan untuk memerdekakan diri Negara Amerika Latin muncul di akhir tahun 1700-an hingga awal 1800-an. Pemberontakkan ini makin meluas dan makin kuat dan adanya semangat untuk keluar dari sistem yang menindas dari para pemimpin gerkan kemerdekaan ini. Dan perjuangan ini tidak sia sia, meskipun banyak pemimpin pemberontakan ini ditangkap dan di tahan oleh para penguasa kekaisaran namun telah memberikan inspirasi bagi masyarakat untuk terus meningkatkan eskalasi perjuangan dalam merebut kekuasaan. Hal ini terbukti dengan kemerdekaan yang diraih oleh Haiti yang disusul dengan kemerdekaan masyarakat Brasil.







Referensi
Makalah Kelompok 1 Sejarah amerika latin materi Kerajaan Maya, Inca Dan Aztec.
Makalah Kelompok 2 Sejarah Amerika Latin materi Kolonialisme di Amerika Latin
Makalah Kelompok 3 Sejarah Amerika Latin materi Nasionalisme di Amerika Latin
Materi Perkuliahan Sejarah Amerika Latin materi Revolusi 2
http://id.wikipedia.org/wiki/Mestizo           


Tidak ada komentar:

Posting Komentar